Sabtu, 25 Maret 2017

Ribuan umat Katolik hadiri acara tahbisan Uskup Sintang



Ribuan umat Katolik, para imam, biarawan, biarawati dari berbagai wilayah di Kalimantan, terutama di Kalimantan Barat, mengikuti Misa pentahbisan Uskup Keuskupan Sintang Mgr Samuel Oton Sidin OFM Cap di Sintang pada Rabu (22/3) pagi.

Mgr.Samuel menggantikan Mgr. Agustinus Agus, Pr yang kini menjadi Uskup Agung Pontianak. Kesukupan Sintang mencakup tiga kabupaten yakni Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu.
Hadir dalam acara tersebut adalah jajaran Pemerintah Sintang, para uskup, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi, dan Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi.
Sejumlah pejabat di Kalimantan Barat yang ikut hadir antara lain Gubernur Kalbar Cornelis, sejumlah bupati dan para pejabat lainnya.

Menurut laporan Tribunnews.com sebanyak 31 uskup turut hadir dalam acara pentahbisan ini, di antaranya Ketua KWI Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo dan Uskup Keuskupan Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus.

Pahlawan lingkungan hidup
Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap sangat mencintai lingkungan hidup. Ia mendirikan Rumah Pelangi di Bukit Tunggal, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalbar, di mana ia melakukan  proses penghijauan selama kurang lebih  delapan tahun dan berhasil ‘menyulap’ lahan bekas kebakaran hutan menjadi sebuah lahan baru yang hijau karena ditumbuhi aneka pepohonan khas Kalimantan yang konon nyaris punah kalau tidak ada upaya konservasi alam.

Atas jasa besarnya melakukan konservasi alam di Bukit Tunggal dan mendirikan Rumah Pelangi inilah, ia diganjar hadiah pelestari lingkungan: Kalpataru. Penghargaan itu diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Lahir 12 Desember 1954 di Teriak – Bengkayang  sebagai putera daerah berdarah Dayak di Peranuk, Kabupaten Bengkayang (Kalbar), Mgr.  Samuel bergabung dengan OFM Cap 12 Januari 1977. Ia ditahbiskan menjadi imam 30 Juni 1984 di Peranuk. Setahun setelah tahbisan, beliau ditugaskan belajar teologi di Universitas Antonianum di Roma hingga memperoleh gelar doktor bidang teologi spiritualitas.

Pada 21 Desember 2016, Paus Fransiskus resmi menunjuknya menjadi Uskup Keuskupan Sintang di Provinsi Kalimantan Barat untuk menggantikan Mgr. Agustinus Agus yang ditunjuk Vatikan menjadi Uskup Keuskupan Agung Pontianak menggantikan Mgr. Hieronimus Bumbun.


Sumber: http://indonesia.ucanews.com/2017/03/23/ribuan-umat-katolik-hadiri-acara-tahbisan-uskup-sintang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar